Wisata ke Medan, 6 Bangunan Bersejarah Unik Ini Tak Boleh Dilewatkan

Wisata ke Medan, 6 Bangunan Bersejarah Unik Ini Tak Boleh Dilewatkan

Kota Medan adalah salah satu kota besar di Indonesia yang kerap menjadi tujuan wisata. Tak heran, sebab Medan punya banyak objek wisata yang menarik dan instagrammable.

Menurut Indonesia Travel, saat ke Medan, wisatawan harus sempatkan berkunjung ke salah satu destinasi wisata sejarah yang memiliki bentuk bangunan unik dan layak menghiasi media sosial. Berikut enam destinasi tersebut.

Maha Vihara Maitreya

Vihara yang menjadi tempat beribadah umat Buddha ini merupakan salah satu vihara terbesar di Asia Tenggara. Arsitektur bangunannya sangat unik dengan ciri khas oriental klasik dan sentuhan modern yang mewah.

Pengunjung bisa berkeliling melihat bangunan vihara yang megah dan dilengkapi banyak fasilitas serta spot foto instagrammable. Di dekat vihara juga terdapat kantin yang menyediakan berbagai jenis makanan dengan harga terjangkau.

Kuil Shri Mariamman

Kuil ini adalah kuil Hindu tertua yang ada di Kota Medan dan dibangun sejak 1884. Dari luar, kuil ini sudah terlihat menarik berkat warna-warni relief dan patung-patung yang ada di sekitarnya.

Keindahan dinding dan arsitekturnya menjadi daya tarik sekaligus ciri khas kuil itu. Selain sebagai tempat ibadah, kuil Shri Mariamman sering menjadi tempat perayaan upacara Deepwali dan Thaiposam.

Graha Maria Annai Velangkanni

Gereja ini memiliki tampilan bangunan yang unik karena mirip dengan sebuah kuil tempat ibadah umat Hindu. Sebab, gereja itu memiliki arsitektur bergaya India.

Tak heran, sebab Graha Maria Annai Velangkanni merupakan saksi sejarah panjang umat Katolik India Tamil di Medan pada akhir abad 19. Jika diabadikan dari kejauhan, bangunan Graha Maria Annai Velangkanni akan terlihat sangat cantik nan instagrammable. Terlebih saat malam hari, karena gereja itu dihiasi lampu warna-warni.

Rumah Tjong A Fie

Tjong A Fie merupakan pengusaha sukses asal Tiongkok yang mengelola bidang perkebunan di Sumatera. Rumahnya terletak di kawasan kota tua Medan yang memiliki arsitektur ala Eropa dan campuran desain Tiongkok.

Saat memasuki rumah saudagar Tiongkok itu, pengunjung akan melihat isi rumah dengan perabotan dan setiap sudut yang masih terawat dengan sangat baik ini. Halaman yang luas, ruang tamu, ruang rapat hingga tempat beribadah mendiang Tjong A Fie tertata rapi dan instagrammable.

Masjid Raya Al Mashun

Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Raya Medan ini merupakan saksi bisu atas sejarah kehebatan Suku Melayu di Kesultanan Deli pada kepemimpinan Sultan ke-9, Sultan Ma’mun Al Rashid. Masjid Raya Al Mashun dibangun sejak 1906 dan rampung di 1909.

Masjid itu dibangun dengan bahan bangunan yang diimpor langsung dari negara penghasil terbaiknya, seperti marmer dari Italia dan Jerman, kaca patri dari Cina, dan lampu gantung dari Prancis. Campuran desain arsitektur Maroko, Eropa, Melayu dan Timur Tengah sukses menyulap Masjid Raya Al Mashun menjadi sangat instagrammable di setiap sudutnya.

Istana Maimun

Saat ke Medan, istana ini wajib jadi destinasi yang dikunjungi. Saksi sejarah Kesultanan Deli ini memiliki bangunan indah dengan dominasi warna kuning.

Di Istana Maimun terdapat banyak barang-barang antik peninggalan Sultan, hadiah kerajaan hingga perhiasan mewah. Pekarangan yang luas dan desain sisi bangunan yang terdiri dari bangunan induk, sayap kanan, dan sayap kiri, dapat menjadi salah satu spot foto terbaik yang wajib diabadikan saat jalan-jalan ke Medan.

Ragil UtamiTidak ada yang baru di bawah matahari. Semuanya sudah dilakukan sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Wisata ke Medan, 6 Bangunan Bersejarah Unik Ini Tak Boleh Dilewatkan"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *