Kiat Agar Sepatu Bot yang Kaku Bisa Nyaman Dipakai dan Tak Bikin Lecet

Kiat Agar Sepatu Bot yang Kaku Bisa Nyaman Dipakai dan Tak Bikin Lecet

Sepatu bot tersedia dalam berbagai model, dari yang semata kaki hingga sebatas paha. Bahannya pun beragam. Tapi kadang-kadang boots tidak nyaman dipakai ketika masih baru, sering kali menyebabkan lecet dan bunion.

Selain efek samping itu, ahli penyakit kaki Jacqueline M. Sutera, menyebutkan bahwa sepatu yang tak nyaman juga bisa menyebabkan kuku tumbuh ke dalam, saraf terjepit, neuroma, hammertoes, dan kaki jagung yang mirip dengan kapalan.

Jika terlanjur membeli sepatu bot yang bikin tidak nyaman karena kaku dan keras, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar nyaman dipakai.

1. Melembutkan bagian luar

Bahan sepatu yang tidak kaku membuatnya lebih mudah dibentuk. Jika telah membeli sepatu bot kulit yang kaku, Sutera menyarankan untuk membeli produk pelembut kulit sepatu yang dirancang khusus untuk membantu membuat kulit keras menjadi lembut lebih cepat. Jangan dipaksakan memakainya karena bisa membuat kaki sakit.

2. Regangkan

Meregangkan sepatu biasanya dilakukan profesional. Tapi ini juga bisa dilakukan sendiri dengan lebih berhati-hati dengan bantuan pohon sepatu, perangkat berbentuk kaki yang dimasukkan ke dalam sepatu saat tidak dipakai.

3. Ganti kaus kaki

Memilih kaus kaki benar-benar tergantung pada preferensi pribadi. Meskipun tidak ada aturannya, Sutera menyarankan agar berhati-hati terhadap kaus kaki yang membuat kaki jadi lebih besar. “Jika kaus kaki terlalu tebal saat mengenakan sepatu bot, itu bisa menyebabkan penyakit ringan dari lecet dan kuku tumbuh ke dalam hingga kondisi yang lebih serius seperti saraf terjepit dan memburuknya kaki jagung, hammertoes, dan bunion,” katanya.

Ragil UtamiTidak ada yang baru di bawah matahari. Semuanya sudah dilakukan sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Kiat Agar Sepatu Bot yang Kaku Bisa Nyaman Dipakai dan Tak Bikin Lecet"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *