Kebanyakan Gula dan Kurang Kalori Bikin Sistem Imunitas Tubuh Menurun

Kebanyakan Gula dan Kurang Kalori Bikin Sistem Imunitas Tubuh Menurun

Selama pandemi Covid-19 banyak orang yang berusaha menjauhi penyakit dengan menerapkan protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak. Namun, ada satu langkah penting lainnya untuk melindungi sistem kekebalan atau imunitas tubuh yang sering dilupakan banyak orang, yakni kebiasaan makan.

Menurut para ahli, ada beberapa kebiasaan makan yang dapat merusak kekebalan tubuh sehingga mudah sakit, ini enam di antaranya yang dilansir dari eatthis.com.

1. Terlalu banyak makan gula

“Kelebihan asupan gula dan karbohidrat sederhana dapat menurunkan fungsi sel imun dan melemahkan sistem imun,” kata Lindsey DeSoto, ahli dier dari Fit Healthy Momma.

2. Minum alkohol

Jika Anda ingin menjaga sistem kekebalan tubuh agar bekerja secara efektif, hindari minum alkohol.

“Asupan alkohol yang berlebihan lebih dari 14 minuman per minggu dapat menekan sistem kekebalan dan dapat menyebabkan gejala yang lebih parah ketika sakit,” ujar DeSoto.

3. Makanan ringan olahan

Snack atau makanan ringan olahan, seperti keripik dan kue kering, mungkin menyenangkan, namun bisa berdampak pada kekebalan tubuh.

“Makanan olahan mengandung sodium dalam jumlah tinggi, lemak jenuh (bahkan berpotensi lemak trans), dan gula. Komponen ini dapat menyebabkan penyakit jantung dan penyakit ginjal, menyebabkan peradangan kronis dan membahayakan sistem kekebalan tubuh,” kata Leonila Campos, seorang ahli diet di Amerika Serikat.

4. Makan makanan cepat saji

“Makanan cepat saji tinggi lemak jenuh dan rendah lemak tak jenuh. Asupan lemak jenuh yang tinggi dapat memicu peradangan dalam tubuh, sehingga melemahkan fungsi kekebalan tubuh,” jelas ahli gizi terdaftar Hannah Byrne.

5. Makan terlalu banyak garam

Sebelum menambahkan garam pada keripik, pikirkan risiko kelebihan natrium yang dapat ditimbulkan bagi kesehatan.

“Asupan natrium yang berlebihan menyebabkan tekanan darah tinggi dan retensi cairan,” kata Byrne. “Retensi cairan menyebabkan ginjal harus mengeluarkan kelebihan natrium, yang kemudian dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.”

7. Kekurangan kalori

Makan makanan yang tidak sehat berlebihan bisa melemahkan imunitas, begitu juga jika kekurangan kalori. Jadi, hindari dulu diet ketat yang membatasi asupan kalori.

“Orang yang dengan sengaja membatasi asupan makanannya atau mengalami gangguan makan lebih rentan terhadap kerusakan sistem kekebalan tubuh mereka,” kata Roxana Ehsani, juru bicara media nasional untuk Academy of Nutrition and Dietetik. “Ketika kita tidak memberi makan tubuh kita dengan nutrisi yang cukup setiap hari, kita tidak mendukung sistem imunitas yang sehat dan kuat.”

Ragil UtamiTidak ada yang baru di bawah matahari. Semuanya sudah dilakukan sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Kebanyakan Gula dan Kurang Kalori Bikin Sistem Imunitas Tubuh Menurun"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *