Ini Daftar Ponsel yang Tidak Bisa Akses WhatsApp Per 1 November 2021

Ini Daftar Ponsel yang Tidak Bisa Akses WhatsApp Per 1 November 2021

Per 1 November 2021 mendatang, WhatsApp akan menghentikan layanannya untuk sejumlah device, baik perangkat dengan sistem operasi Android maupun iOS. Setidaknya terdapat 43 model smartphone yang dipastikan tidak dapat mengakses aplikasi perpesanan paling populer ini. Jika ponsel Anda termasuk di dalam daftar blacklist, cobalah untuk mencadangkan data WhatsApp Anda agar dapat Anda unduh kembali menggunakan device lain, sebelum jatuh tempo.

Beberapa bulan terakhir developer WhatsApp cukup sibuk meluncurkan satu demi satu fitur baru mereka. Namun, beberapa inovasi ini tidak kompatibel di beberapa perangkat lawas. WhatsApp pun akhirnya memutuskan untuk menghentikan layanannya di beberapa perangkat tersebut. Upaya ini perlu dilakukan untuk memfokuskan layanan aplikasi yang optimal untuk smartphone generasi terbaru.

Secara umum, perangkat yang tidak dapat mengakses WhatsApp per 1 November nanti adalah perangkat dengan sistem operasi Android 4.0.3 atau lebih rendah dan perangkat dengan iOS 9 dan versi yang lebih lama untuk sistem operasi iOS. Dilansir dari laman entrepreneur.com, berikut sejumlah smartphone yang tidak dapat menggunakan WhatsApp mulai 1 November 2021 mendatang.

Beberapa seri Samsung yang haram mengakses WhatsApp per November nanti yaitu Galaxy Trend Lite, Galaxy Trend II, Galaxy SII, Galaxy S3 mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy Core dan Galaxy Ace 2. Beberapa ponsel besutan LG, perusahaan elektronik yang mundur dari bisnis ponsel belum lama ini, juga mengalami nasib yang sama dengan beberapa seri Samsung, yaitu LG Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus F5, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6, Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus L4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD dan 4X HD, dan Optimus F3Q.

Beberapa ponsel dari vendor lain seperti ZTE, Huawei, dan Sony juga dikabarkan akan diblacklist dari layanan WhatsApp. Ponsel ZTE yang masuk daftar hitam adalah Grand S Flex, ZTE V956, Grand X Quad V987 dan Grand Memo. Sementara ponsel pintar Huawei di antaranya yaitu Ascend G740, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, dan Ascend D2. Pengguna seri ponsel dari merek Xperia seperti Xperia Miro, Sony Xperia Neo L, dan Xperia Arc S juga tak lagi dapat mengakses WhatsApp saat jatuh tempo nanti.

Selain itu pengguna ponsel dengan sistem Android lain seperti One Touch Evo 7, Archos 53 Platinum, HTC Desire 500, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, Wiko Darknight, Lenovo A820, Umi X2, Faea F1 dan THL W8, juga masuk daftar hitam tersebut.

Sementara bagi pengguna ponsel besutan Apple di bawah operasi sistem iOS, terutama iOS 9 dan yang lebih lawas dari itu seperti iPhone SE, iPhone 6S, dan iPhone 6S Plus juga baru mengucapkan selamat tinggal kepada WhatsApp per 1 November nanti.

Nah, kendati WhatsApp tidak lagi mendukung untuk digunakan ponsel di atas, bukan berarti bahwa aplikasi akan segera berhenti bekerja begitu saja. Sebenarnya masalah terbesar adalah perangkat yang tidak didukung WhatsApp tidak akan dapat mengakses pembaruan keamanan. Hal ini membuat mereka menjadi target yang diinginkan para peretas, yang dapat memanfaatkan kerentanan ini untuk mencuri data pengguna.

Kabar baiknya adalah bahwa akun yang ditutup dapat diaktifkan kembali dengan nomor telepon yang sama, segera setelah pengguna mengunduh WhatsApp dan masuk dari perangkat yang lebih baru yang memenuhi persyaratan baru. Pilihan lainnya Anda dapat berpindah pada platform perpesanan lain, seperti Telegram, Signal atau Facebook’s Messenger.

Ragil UtamiTidak ada yang baru di bawah matahari. Semuanya sudah dilakukan sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Ini Daftar Ponsel yang Tidak Bisa Akses WhatsApp Per 1 November 2021"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *