Festival Danau Sentarum Tahun Ini Akhirnya Batal Digelar

Festival Danau Sentarum Tahun Ini Akhirnya Batal Digelar

Festival Danau Sentarum 2021 batal dilaksanakan karena masih pandemi Covid-19. Padahal acara itu biasanya bisa menarik minat wisatawan.

“Festival Danau Sentarum Tahun 2021 ini belum bisa kita laksanakan karena masih pandemi yang dinilai masih cukup membahayakan,” kata Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu Sudarso, Ahad, 10 Oktober 2021.

Festival Danau Sentarum telah batal digelar selama dua tahun, yaitu pada 2020 dan tahun ini akibat pandemi. Sebelumnya, pemerintah daerah sempat membuat persiapan festival tersebut dengan melakukan koordinasi ke sejumlah stakeholder.

Menurut Sudarso, selain karena pandemi, tahun ini festival batal digelar akibat keterbatasan anggaran daerah. “Jadi sudah bisa dipastikan Festival Danau Sentarum tidak dilaksanakan, mudah-mudahan tahun 2022 pandemi Covid-19 sudah berakhir agar kegiatan kita bisa kembali normal termasuk Festival Danau Sentarum,” kata dia.

Festival Danau Sentarum masuk dalam kegiatan reguler Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang telah ditetapkan pelaksanaannya pada 3-5 Desember mendatang. Dalam festival yang digelar untuk mempromosikan wisata di Kapuas Hulu itu, beragam kegiatan digelar seperti lomba sumpit dan pangkak gasing, lomba perahu naga dan sejumlah perlombaan tradisional sesuai kearifan lokal.

Danau Sentarum sendiri merupakan salah tujuan wisata unggulan Kabupaten Kapuas Hulu. Danau di dalam kawasan Taman Nasional Danau Sentarum di daerah perbatasan Indonesia dengan Malaysia itu merupakan rumah bagi berbagai jenis ikan, termasuk ikan arwana. Karena itu, saat festival Danau Sentarum biasanya diadakan lomba kontes arwana.

Ragil UtamiTidak ada yang baru di bawah matahari. Semuanya sudah dilakukan sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Festival Danau Sentarum Tahun Ini Akhirnya Batal Digelar"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *