Bosan Mendengarkan, Begini Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks

Bosan Mendengarkan, Begini Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks

YouTube telah menjelma menjadi salah satu media sosial terpopuler di dunia. YouTube hadir dengan menawarkan jutaan video yang bisa ditonton siapa saja. Video-video yang diunggah di YouTube pun beragam. Berbagai jenis video, mulai dari video hiburan hingga video edukasi, banyak ditemui di YouTube.

Karena keberagaman konten tersebut, YouTube sering kali dijadikan media pembelajaran banyak orang. Tak jarang, guru atau dosen menyuruh muridnya untuk mendengarkan sebuah video YouTube guna memperkaya pemahaman yang telah didapat di kelas. Bahkan, beberapa guru atau dosen mungkin menyuruh muridnya untuk mencatat atau meringkas isi dari video YouTube yang telah ditonton.

Aktivitas tersebut kadang kala menjadi masalah bagi segelintir murid. Mencatat dan meringkas isi video atau mengubah isi video YouTube menjadi teks kadang terasa melelahkan dan sulit untuk dilakukan. Namun, beberapa aplikasi dapat dimanfaatkan untuk mempermudah aktivitas tersebut. Salah satunya adalah Web Speech API.

Web Speech API merupakan aplikasi milik Google yang mampu mengubah suara menjadi teks. Cara kerjanya cukup sederhana, yakni mendengarkan suara yang muncul dari file audio atau video untuk kemudian diubah menjadi teks secara langsung. Kemampuan Web Speech API tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengubah isi video YouTube menjadi teks.

Cara mengubah video YouTube menjadi Web Speech API sama seperti mengubah file audio lainnya menjadi teks. Dilansir dari blog.itb.ac.id, berikut adalah cara mengubah video YouTube menjadi teks:

Perlu dicatat bahwa Web Speech API tidak bisa digunakan di semua versi Google Chrome. Untuk mengubah video YouTube menjadi teks, Google Chrome perlu di-update ke versi 25 atau lebih tinggi. Karena itu, sebelum menjajal Web Speech API untuk mengubah video YouTube menjadi teks, alangkah baiknya memeriksa versi Google Chrome terlebih dahulu.

Ragil UtamiTidak ada yang baru di bawah matahari. Semuanya sudah dilakukan sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Bosan Mendengarkan, Begini Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *