6 Tips untuk Orang Tua Mengatasi Rasa Tidak Suka pada Teman Anak

6 Tips untuk Orang Tua Mengatasi Rasa Tidak Suka pada Teman Anak

Setiap orang membutuhkan teman dalam kehidupan sehari-hari, baik orang dewasa maupun anak-anak. Namun seringkali orang tua mengalami kekhawatiran jika anak mereka bergaul dengan teman yang salah, karena lingkungan pertemanan yang tidak sehat akan mempengaruhi kepribadian anak.

Jika merasa khawatir tentang pertemanan anak, hindari merusaknya. Cobalah ikuti beberapa tips berikut yang dilansir dari laman Times of India berikut ini.

1. Pikirkan penyebabnya

Cobalah memikirkan mengapa tidak menyukai teman anak sebelum mencoba untuk menghentikan pertemanan mereka. Jangan mudah terpicu emosi, jika hanya perbedaan kepribadian dan selama itu tidak mempengaruhi kepribadian serta akademik anak, maka cobalah untuk mengabaikannya.

2. Jangan putuskan pertemanan anak

Jika melarang atau bahkan memaksa anak untuk berhenti bermain dengan temannya karena tidak menyukainya, itu hanya akan membuat segalanya menjadi lebih rumit. Anak cenderung tertarik pada hal-hal yang dilarang, mereka akan mencoba untuk berbohong bahkan bermain di belakang. Akibatnya, hubungan orang tua dan anak bisa saja menjadi renggang.

3. Ajak berdiskusi

Cobalah bicara dengan anak dengan mengajukan pertanyaan seperti apa pertemanan yang mereka bangun, apakah berdasarkan minat atau hobi yang sama. Tanyakan hal ini tanpa menghakimi anak atau temannya. Ini akan membantu orang tua mempelajari lebih lanjut tentang anak dan temannya, apakah ini akan membawa dampak buruk bagi anak atau tidak.

4. Jelaskan alasannya

Hindari memutuskan hubungan pertemanan anak secara tiba-tiba. Cobalah untuk menjelaskan alasan mengapa mereka dilarang berteman. Gunakan kata-kata yang bijak dan positif, hindari kata kasar. Selanjutnya, bantu mereka membangun interaksi yang baik dengan orang lain.

5. Buatlah aturan

Ketika anak-anak bermain keluar rumah, mereka bertemu dengan berbagai macam orang. Buatlah peraturan tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Jelaskan juga kepada anak terkait konsekuensi apabila peraturan tersebut dilanggar.

6. Bantu anak memilih teman yang baik

Sebagai orang tua, tujuan utamanya adalah membantu anak untuk membangun hubungan positif dengan orang lain dan membuat pilihan yang lebih baik dalam berteman. Bimbinglah anak dalam membedakan teman yang benar dan salah.

Ragil UtamiTidak ada yang baru di bawah matahari. Semuanya sudah dilakukan sebelumnya.

Posting Komentar untuk "6 Tips untuk Orang Tua Mengatasi Rasa Tidak Suka pada Teman Anak"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *