5 Cara Mudah Meningkatkan Metabolisme Setiap Hari

5 Cara Mudah Meningkatkan Metabolisme Setiap Hari

Metabolisme adalah istilah yang menggambarkan semua reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh. Reaksi kimia ini penting untuk fungsi tubuh Anda. Umumnya, istilah ini sering digunakan secara bergantian dengan laju metabolisme, yang merupakan jumlah kalori yang Anda bakar. Semakin tinggi tingkat metabolisme, semakin banyak kalori yang Anda bakar. Semakin banyak kalori yang Anda bakar, semakin banyak berat badan yang Anda turunkan.

Memiliki metabolisme yang tinggi membuat Anda tetap energik dan membuat Anda merasa lebih baik sepanjang hari. Berikut adalah 5 cara mudah untuk meningkatkan metabolisme Anda, seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Mulai harimu lebih awal

Untuk memulai hari dengan catatan yang sehat, tidurlah dengan nyenyak di malam sebelumnya. Kualitas tidur yang baik dikaitkan dengan peluang lebih besar untuk berhasil menurunkan berat badan. Ini akan memberi Anda energi untuk jadwal sibuk Anda. Sebelum sarapan di pagi hari, lakukan peregangan pagi yang baik untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda.

2. Tetap aktif selama jam kantor

Bagi kebanyakan orang, bekerja di kantor menghabiskan sebagian besar waktu mereka sehari-hari. Pada saat mereka di rumah, mereka sangat lelah sehingga mereka tidak memiliki energi untuk pergi ke gym. Dengan mencoba tetap aktif di tempat kerja dapat menjaga metabolisme mereka tetap tinggi.

Jika Anda memiliki pekerjaan yang tidak banyak bergerak, istirahatlah dengan aktivitas kecil sepanjang hari. Gerakan teratur tidak hanya membantu untuk menurunkan berat badan tetapi juga dalam meningkatkan produktivitas dan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi pada pekerjaan saat ini. Selain itu. Makanlah makanan bergizi saat makan siang, yang meliputi protein dan bahan peningkat metabolisme lainnya. Jangan ngemil sembarangan, hindari keripik, cokelat, kue, dan permen.

3. Makan dengan cerdas

Ada makanan tertentu yang dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Proses mengunyah, mencerna, dan menyimpan makanan mengharuskan tubuh Anda membakar kalori. Ini disebut efek termal makanan (TEF). Itu hanya membuat sekitar 5 -10 persen dari pengeluaran kalori harian Anda.

Makanan berprotein tinggi lebih sulit dicerna dan mendukung pertumbuhan massa otot jika Anda sedang latihan kekuatan. Serat juga perlu dikunyah lebih keras dan membutuhkan energi untuk memecahnya. Menambahkan bumbu ke makanan Anda adalah cara lain untuk sedikit meningkatkan suhu tubuh untuk membakar lebih banyak kalori.

Menggabungkan protein dan makanan kaya serat dapat mengurangi rasa lapar selama berjam-jam setelah makan, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan secara keseluruhan. Dengarkan isyarat rasa lapar internal Anda untuk membedakan antara rasa lapar sejati dan rasa lapar emosional.

4. Olahraga

Tanpa ragu, olahraga adalah cara paling efektif untuk meningkatkan metabolisme Anda. Latihan yang intens dapat meningkatkan mesin metabolisme Anda selama berjam-jam bahkan setelah berolahraga. Bahkan jika Anda baru mengenal aktivitas fisik, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan berolahraga bahkan sebagai pemula.

Pelatihan ketahanan yang membantu dalam membangun otot sangat membantu dalam efek peningkatan metabolisme jangka panjang. Bahkan latihan dasar membantu membangun kekuatan, membakar kalori, dan meningkatkan kesehatan Anda.

5. Makanlah protein setiap kali makan

Makanan dapat meningkatkan metabolisme Anda untuk beberapa waktu. Ini disebut efek termal makanan (TEF). Ini adalah kalori ekstra yang dibutuhkan untuk mencerna, menyerap, dan memproses nutrisi dalam makanan Anda.

Protein menyebabkan kenaikan TEF terbesar. Ini meningkatkan tingkat metabolisme Anda sebesar 15 – 30 persen dibandingkan dengan 5,10 persen untuk karbohidrat dan 0 – 3 persen untuk lemak. Protein juga membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah Anda makan berlebihan. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang cenderung makan 441 kalori lebih sedikit per hari ketika protein membentuk 30 persen dari makanan mereka.

Ragil UtamiTidak ada yang baru di bawah matahari. Semuanya sudah dilakukan sebelumnya.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mudah Meningkatkan Metabolisme Setiap Hari"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *